in

Sebar Nasi Bungkus Tiap Jumat


Denpasar

SAMBIL bersedekah dan refreshing,” ucap David Sanford Scherer, beberapa waktu lalu.

Bule Amerika berusia 50 tahun ini tinggal di Bali. David merupakan mualaf.

Dikutip dari detikBali, kisah inspiratif dilakoni David bersama sejumlah koleganya. Mereka menggulirkan program Safari Jumat dengan aksi membagikan nasi bungkus.



Langkah kaki David bergerak semangat menyambangi masjid dan musala yang tersebar di Bali. Aksi sebar nasi bungkus ini biasa dilakukan David selepas menunaikan salat Jumat.

Pria kelahiran Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat, itu mengungkapkan debut program Safari Jumat dimulai sejak 2010. Kegiatan itu terinspirasi saat ia dan sang istri, Indriyani Kuntowati (50), sedang berhaji. Usai salat Jumat, David melihat ada banyak orang antre.

“Akhirnya saya ikut antre dan ternyata saya dapat nasi,” kata David.

David pun bertanya kepada istrinya soal kemungkinan meniru aksi bagi-bagi nasi sehabis Jumatan itu di Indonesia. Sekadar diketahui, David dan sang istri memiliki usaha makanan, distribusi, dan impor di Simpang Siur, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Singkat cerita, program Safari Jumat pun bergulir. Namun pada 2020, karena pandemi COVID-19 mendera Indonesia, kegiatan Safari Jumat terhenti lantaran adanya kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat di tempat ibadah.

“Tapi bagi-bagi nasinya tetap jalan. Cuma waktunya saja saya geser ke sore hari atau habis Asar. Kami bagikan ke tempat-tempat kuli pasir atau anak-anak yang belajar mengaji. Konsepnya diubah biar tidak ramai-ramai,” tutur David.

Baru dua bulan ini, program Safari Jumat menggeliat lagi. Hanya saja, kali ini aktivitas itu dilakukan di masjid-masjid atau musala yang ada di luar Denpasar.

“Saya sudah tidak asing dengan budaya Indonesia. Sudah 47 tahun di Indonesia. Pindah ke sini (Indonesia) usia tiga tahun. Ketemu saya seperti ketemu orang Indonesia. Cuma casing-nya saja bule,” ucap David tersenyum.

Artikel ini telah tayang di detikBali dengan judul: Bule Amerika Safari Jumat Bagi-bagi Nasi Bungkus di Bali. Baca selengkapnya di sini.

(bbn/bbn)



Sumber Artikel

Baca juga:   Tiga Hari Terjebak di Restoran Hot Pot, Wanita Ini Puas Makan Menu Favoritnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings