in

Cerita Pendiri Brand Lokal Gonegani, Sukses Bisnis Fashion Bermodal Rp 1 Juta


Jakarta

Pecinta brand lokal tentu sudah tak asing dengan brand Gonegani. Merek lokal tersebut terkenal lewat koleksi baju rajut dan hijab yang simpel. Ialah Khairul Gani atau akrab disapa Gani sosok di balik suksenya brand Gonegani. Berikut kisah suksesnya.

Gani mulai membuka usaha secara online sejak masih kuliah di Universitas Islam Negeri Malang jurusan psikologi. Sambil kuliah, dia menekuni hobinya bisnis di bidang fashion.

“Awal mula mendirikan Gonegani tahun 2016 akhir. Waktu itu saya berpikir dan hobi di bidang fashion, terus saya tahu di tahun 2015-2016 online shop mulai up. Kalau bukan sekarang mulai kapan lagi,” kata Gani kepada Wolipop baru-baru ini.

Foto Khairul Gani, pemilik brand Gonegani.Foto Khairul Gani, pemilik brand Gonegani. Foto: Dok. Instagram @khairulgani.

Pria kelahiran Kerinci, Jambi, 5 Desember 1994 ini kemudian mencari ciri khas agar produknya dikenal. “Ini kesempatan pasar sekarang atau datang itu kita tidak tahu akan sama atau tidak? Bismillah saya memberanikan diri untuk mulai usaha, yang kita ketahui bahwa dalam membangun usaha harus ada ciri khas yang beda daripada yang lain. Sehingga ketika menjual produk tersebut belum pasaran dan belum ada di tempat lain,” kenang Gani.

Kemudian ia berpikir untuk mendesain baju rajut di Bandung, Jawa Barat. Gani membuat desain baju rajut pertama kali tahun 2016 dengan ada belahan di pinggir busana.

“Saya bikin nama slit sweater. Nah, dari situ saya mempunyai link influencer, Amelia Elle, saya cobalah kirim ke dia sweaternya dan dia suka. Terus dia bilang bahannya premium dan bertanya ada warna apa saja. Lalu dia posting dan ternyata orang yang follow Gonegani bisa 10 ribu,” ucap Gani takjub.

Ketika tahun 2016, menurut Gani kekuatan influencer bisa mempengaruhi penjualan produk. Kemudian Gani memberikan produk slit sweater kepada influencer lain. Ia konsisten berkolaborasi dengan sejumlah influencer.

Foto Khairul Gani, pemilik brand Gonegani.Foto Khairul Gani, pemilik brand Gonegani. Foto: Gresnia/Wolipop.

Modal Awal Mendirikan Gonegani

Bagi kamu yang ingin memulai usaha tak perlu modal yang besar. Hal itu sudah dijalani oleh Gani. Modal awalnya membangun Gonegani saat kuliah sekitar Rp 1 juta.

“Modal awalnya Rp 1 juta. Itu seperti biaya produksi slit sweater sekitar 12 pieces. Saya masih inget banget di rekening saya itu sisa kisaran Rp 300 ribu. Kemudian berkurang karena endorse Rp 250 ribu,” kenang Gani terharu.

Gani sangat bahagia saat mengetahui koleksi pertama Gonegani bisa diterima dengan baik oleh pecinta fashion. Pesanan semakin meningkat, dia pun menyiasatinya dengan membuka pre order.

“Alhamdulillah boom banget yang minta slit sweater ini ada 1.000 pieces. Ini bagaimana ya jangan disia-siakan kesempatan ini. Akhirnya saya open PO saja. Ketika mau PO wajib bayar 100%. Nah, dari uang tersebut mulai produksi, keuntungannya saya bikin lagi. Produk tersebut bertahan sampai tahun 2018. Itulah yang membesarkan nama Gonegani,” ungkap Gani.

Soal omzet, Gani enggan mengucapkan lebih rinci. Ia menyebutkan penjualan produk Gonegani setiap bulan mencapai puluhan ribu pieces.

Kini selain busana, Gonegani juga merilis hijab. Ada berbagai jenis hijab yang dijual oleh Gonegani mulai dari hijab segiempat, pashmina, polos dan motif.

Sukses mendirikan usaha online, Gani berbagi tips untuk kamu yang ingin mulai berbisnis fashion. Dia mengatakan yang terpenting adalah jangan menunda jika sudah memiliki niat usaha.

“Jangan pernah menunda, jika sudah punya niat untuk membangun brand ya sudah lanjutkan. Jangan sampai menunda dan eksekusi brand tersebut karena kalau kita menunda sekarang kita tidak akan pernah tahu pasar sekarang dan akan mendatang seperti apa. Kalau dulu saya menunda dan baru bikin sekarang belum tentu sepesat itu. Sekarang itu kan persaingan ketat dan gampang banget mencari produk apa saja,” pungkasnya.

(gaf/eny)





Sumber Artikel

Baca juga:   7 Potret Dua Wanita Kenakan Baju Sama di Bentuk Tubuh Berbeda Ini Inspiratif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings